Home » , , , » Cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera ponsel, Kamera pocket, Kamera DSLR

Cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera ponsel, Kamera pocket, Kamera DSLR

Written By Unknown on Friday, June 14, 2013 | 1:47 PM

Seiring dengan berkembang pesatnya era digital saat ini, kegiatan mempotret atau foto menjadi lebih mudah dilakukan oleh siapa saja. Sebelum berkembangnya era digital ini, urusan foto memfoto mungkin terasa sedikit sulit, terutama adalah masalah gadget atau kamera yang terbatas. praktis untuk memfoto suatu object, dulu kita harus memiliki sebuah kamera yang sebagian besar medianya adalah dengan klise film, dan tidak banyak orang yang memilikinya. Lain halnya dengan sekarang ini, gadget untuk urusan potret mempotret itu sangat banyak pilihan, bahkan mungkin semua orang punya, sebut saja ponsel. alat yang satu ini, sekarang sudah multifungsi, bukan saja hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga bisa dijadikan sarana untuk kegiatan fotografi, meskipun kualitas fotonya masih agak belum memuaskan. Perkembangan untuk gadget fotografipun sangat pesat, banyak jenis kamera-kamera pocket digital yang akan memuaskan kita dalam kegiatan foto memfoto.
Pada saat memfoto suatu object, tentu sangat kita inginkan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. tapi untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan, tentunya kita tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan kamera untuk menghasilkannya, sedikit banyak kita harus mengetahui cara untuk menghasilkan foto yang bagus dengan kamera yang kita miliki.

Cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera ponsel

Gambar yang menampilkan cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera ponsel

Rata-rata semua ponsel dipasaran saat ini, tidak meninggalkan fitur kamera didalamnya, meskipun untuk ponsel-ponsel merk tertentu yang dibanderol murah, kualitas kameranya sangat tidak memuaskan, tetapi bukan tidak mungkin kita dapat menghasilkan foto yang baik dengan kamera ponsel tersebut. Berikut hal-hal yang mungkin bisa membantu anda memfoto dengan kamera ponsel.
1. Aturlah pengaturan pada kamera ponsel anda pada Kualitas Foto Tinggi
2. Jika hasil foto nantinya akan anda cetak, aturlah ukuran foto yang akan dihasilkan dengan ukuran maksimal yang tersedia, ini tergantung seberapa besar pixel kamera ponsel anda. Namun jika foto tersebut akan anda kirimkan melalui pesan multimedia pertimbangkan ukuran tersebut, semakin besar ukuran tentunya kapasitas foto semakin besar, dan proses pengirimannya akan semakin lama.
3. Untuk hasil yang lebih baik, mungkin anda harus mengatur pengaturan cahaya, sesuaikan dengan kondisi saat anda akan memfoto. Jika kamera ponsel anda menyediakan pengaturan white balance, aturlah dengan menyesuaikan pada kondisi disekitar object foto anda.
4. Jika anda ingin menghasilkan efek pada photo, seperti sephia, BW. aturlah
5. Pastikan posisi object anda tidak membelakangi sumber cahaya.
6. Jangan goyang! kemampuan kamera ponsel sangat terbatas, setelah shutter anda tekan, pastikan tangan anda tidak bergerak sedikitpun.
7. Untuk foto close up, sebaiknya anda mendekati object. jangan terlalu banyak menggunakan fasilitas zoom, atau tidak sama sekali.


Cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera digital pocket

Gambar yang menampilkan cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera pocket

Kamera digital pocket, sangat pas digunakan untuk kebutuhan hobi fotografi sehari-hari. ukurannya yang kecil, sehingga mudah dibawa kemana-kemana. urusan kualitas, sudah tentu lebih baik, jika dibandingkan dengan kamera ponsel. Beberapa kamera digital bahkan memiliki ukuran pixel yang tinggi, dan itu lumayan berpengaruh dengan foto yang kita hasilkan. berikut ini beberapa tips, yang mungkin bisa memaksimalkan hasil foto dengan kamera digital pocket.
1. Jika hasil foto nantinya akan anda cetak, aturlah ukuran foto yang akan dihasilkan dengan ukuran maksimal yang tersedia, ini tergantung seberapa besar pixel kamera anda.
2. Jika kamera anda memiliki fitur pilihan scene, pilihlah scene yang sesuai dengan object foto anda, misal Potrait untuk object foto close up, landscape untuk object foto pemandangan.
3. Mungkin anda juga harus mengatur white balance pada kamera anda, perhatikan situasi disekeliling object.
4. Mungkin kamera pocket anda menyediakan fitur pengaturan ISO, SPEED, dan APERTURE. maksimalkan dengan mengaturnya pada pengaturan yang pas.
5. Ukuran kamera pocket lumayan kecil, saat memfoto. stabilkan genggaman anda pada kamera agar tidak terjadi guncangan. Bila perlu gunakan tiang penyangga kamera (Tripod)
6. Jangan terlalu banyak menggunakan fasilitas zoom, sebaiknya anda mendekati object.
7. Perhatikan posisi object, jangan membelakangi sumber cahaya.
8.  Sebaiknya anda tepatkan dahulu fokus kamera pada object.


Cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera digital SLR

Gambar yang menampilkan cara menghasilkan foto yang baik dengan kamera DSLR

Kamera digital SLR sekarang ini, bukan hanya digunakan oleh kalangan fotografer profesional saja, seiring dengan kehadiran produk-produk kamera DSLR yang dapat dimiliki dengan harga terjangkau. Menggunakan kamera DSLR dalam menghasilkan foto, tentu lebih baik jika dibandingkan dengan kamera pocket. terlebih anda akan terlihat seperti seorang profesional saat memfoto dengan kamera DSLR. Berikut beberapa tips singkat untuk menghasilkan foto yang baik dengan kamera digital SLR
1. Maksimalkan penggunaan fitur pada kamera DSLR. jangan hanya menggunakan fungsi Auto pada kamera, tapi mungkin sebaiknya anda pelajari fungsi yang lain seperti P, S, M. Atau mungkin anda bisa menggunakan pilihan scene pada kamera, seperti Potrait untuk mempotret manusia, Landscape, Macro dsbg.
2. Perhatikan berapa ISO yang anda gunakan saat memfoto.
3. Atur ukuran foto yang akan dihasilkan.
4. Atur White Balance agar sesuai dengan kondisi disekitar object foto anda.
5. Jangan menekan habis tombol shutter anda, sebelum kamera menemukan titik fokus yang tepat pada object.
6. kurangi menggunakan zoom pada lensa, sebaiknya mendekat object untuk mendapatkan detail object yang lebih baik.


Hasil foto yang baik tentunya tidak hanya bergantung kepada seberapa bagus kamera yang kita gunakan, tetapi dengan cara memaksimalkan penggunaan semua fitur yang tersedia pada kamera dan mengetahui teknik memfoto.

Semoga bermanfaat.
Share this article :

1 komentar:

Terima Kasih sudah mengunjungi blog sederhana ini semoga ada yang bermanfaat, Silahkan untuk memberikan komentar.. Mohon menggunakan kata yang sopan, thanks..
Happy Blogging...!!!

Download Beta
 
Support : About Me | Me on Facebook | Site Map
Copyright © 2013. anakcexdams blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger